Selama Bulan Ramadhan 1440 H, Umat Islam Desa Lenggerong Laksanakan Tadarus Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, karena di dalamnya terkandung beribu kebaikan. Tidak heran pada bulan ini semua umat Islam berlomba-lomba mencari kebaikan, termasuk tadarus (membaca) Al Qur’an.

Pada malam hari Ramadhan, masjid dan musholla marak dengan bacaan Al-Qur’an secara silih berganti. Tidak jarang, bacaan tersebut disambungkan pada pengeras suara. Semua itu dilakukan dengan satu harapan suatu berkah Ramadhan yang telah dijanjikan Allah SWT.

Selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah kaum muslimin dan muslimat desa Lenggerong melaksanakan tadarus Al Qur’an  baik di masjid maupun di musholla. Kegiatan tadarus ayat suci Al Qur’an setiap malam selepas melaksanakan sholat tarawih berjama’ah.

Tadarus Al Qur’an merupakan ibadah yang paling digalakkan pada setiap saat, terutama pada bulan Ramadhan sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW mengisi hari-hari Ramadhan dengan bertadarus Al Qur’an.

Dari Ibn ‘Abbas RA dituturkan, bahwasanya ia berkata, “Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadhan, saat beliau ditemui Jibril untuk membacakan kepadanya Alquran. Jibril menemui setiap malam pada bulan Ramadhan, lalu membacakan kepadanya Alquran. Rasulullah SAW ketika ditemui Jibril lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berembus.” (HR Bukhari & Muslim).

Terlebih lagi Al Qur’an diturunkan di bulan Ramadhan sehingga dinamakanlah bulan Ramadhan dengan bulan Al-Quran. Membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan sangat memiliki banyak keutamaan antara lain : (1) Membaca Al Qur’an akan memberi ketenangan jiwa dan bahkan orang yang mendengarkannya akan merasa tenang; (2) Al Qur’an rupanya menjadi sebuah jaminan penolong bagi siapa saja yang membcanya di akhirat kelak; (3) Membaca Al Qur’an adalah salah satu kegiatan yang lading untuk menuai kebaika dan mendapatkan pahala berlipat; dan (4) Tadarus Al Qur’an juga mampu mempererat tali persaudaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *