Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Mahasiswa IAIN Pekalongan Gelar Seminar Kewirausahaan Dan Pemasaran Online

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, Mahasiswa IAIN Pekalongan Gelar Seminar Kewirausahaan Dan Pemasaran Online

Anggota DPRD Kabupaten Pemalang, Budi Hermanto sedang memberikan materi dalam seminar kewirausahaan dan pelatihan pemasaran online di balai desa Lenggerong, Selasa (29/10/2019)

Lenggerong.desa.id-Mahasiswa KKN IAIN Pekalongan menggelar Seminar Kewirausahaan dan Pemasaran Online pada Selasa, (29/10/2019) siang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari program kerja KKN. Acara yang bertajuk pemasaran produk inovasi tahu crispy dan puding jagung berbasis online tersebut menghadirkan dua  narasumber yakni dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pemalang, Alief Rediono, dan anggota DPRD kabupaten Pemalang, Budi Hermanto. Selain itu, kegiatan yang bertempat di Pendopo Balai Desa Lenggerong  dihadiri pula oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tim Penggerak PKK, dan masyarakat setempat.

Kegiatan yang bertujuan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri warga desa Lenggerong tersebut dibuka oleh Kepala Desa Lenggerong, Surip. Dalam sambutan pembukanya, Surip  mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN IAIN Pekalongan yang telah menyelenggarakan kegiatan seminar yang penuh kreatif dan inovatif.

“Saya harap semua peserta yang hadir dapat mengikuti seminar dengan sungguh-sungguh dan menerapkan ilmu yang telah disampaikan oleh narasumber dalam kehidupan sehari-hari.” harap Kepala Desa, Surip.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara, Elly Ristiyawati mengucapkan rasa terima kasih dan permohonan ma’af apabila dalam pelaksanaan seminar masih jauh dari kata sempurna.

Sekitar 14.15 Wib, moderator seminar, Ainun Nikmah mempersilahkan narasumber untuk menyampaikan materi seminar. Alief Rediono, selaku narasumber pertama menjelaskan mengenai sesuatu yang harus dipersiapkan dalam pemasaran online antara lain: gadget, foto produk, deskripsi produk, profil penjual, dan proses pembayaran. Selain itu, Alief sapaan akrabnya, menjelaskan juga mengenai teknik pemasaran dan bagaimana cara pengemasan produk yang baik.

Narasumber kedua, Budi Hermanto menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan dibutuhkan niat yang tinggi, melihat peluang usaha, menemukan ide, adanya kreativitas, inovasi, usaha dan do’a. Selain menyampaikan materi tentang kewirausahaan, Budi Hermanto juga menginformasikan adanya bantuan dana wirausaha yang disalurkan untuk mengembangkan omset penjualan. Namun bantuan tersebut tidak diberikan secara individu melainkan kelompok.

“Acara ini bukan hanya sekedar didengarkan kemudian setelah pulang dilupakan, tetapi apa yang saya sampaikan dapat ditindaklanjuti, diterapkan serta dikembangkan menjadi yang lebih lagi. Menjadi seorang wirausaha tidak boleh konsumtif”, pungkas Budi Hermanto.

Peserta mengikuti seminar dengan sangat antusias. Hal tersebut dapat dilihat dari respons saat mengikuti seminar. Mereka mengaku senang dengan diadakannya Seminar Kewirausahaan dan Pemasaran Online.

Dengan diadakannya Seminar Kewirausahaan dan Pemasaran Online diharapkan dapat memberikan manfaat dan kedepannya dapat meningkatkan kreatifitas dan penghasilan warga desa Lenggerong. (Penulis : Ainun Nikmah_KKN IAIN Pekalongan)

Tinggalkan Balasan